Friday, August 2, 2013

Liberalisme

liberalisme komunal
Liberalisme merupakan suku kata dari liberal yang berarti bebas, liberalisme adalah sebuah ideologi didasari pada pemahaman bahwa kebebasan adalah hal yang utama.
Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya
dari pemerintah dan agama. Liberalisme didasari tiga hal yaitu Kehidupan, Kebebasan dan Hak Milik (Life, Liberty and Property).

Liberalisme memiliki dua masa yakni liberalisme klasik dan liberalisme modern. Liberalisme klasik muncul di abad ke 16. Liberalisme modern muncul di abad ke 20. Mereka tidak hanya dibedakan waktu saja karena mereka memiliki nilai - nilai yang sedikit berbeda, perbedaanya terletak di liberalisme modern yang menambahkan beberapa nilai - nilai pada faham liberalisme tapi tidak merubah nilai utama.

Tokoh - Tokoh Liberalisme Klasik

Tokoh yang memengaruhi paham Liberalisme Klasik cukup banyak – baik itu dari awal maupun sampai taraf perkembangannya. Berikut ini tokoh - tokoh yang mempengaruhi liberalisme

Martin Luther

Tokoh liberalisme, Martin Luther
Martin Luther
Martin Luther memiliki pengaruh dalam reformasi agama. Di jaman Martin Luther agama sangatlah mengekang ke setiap masyarakat yang memeluknya bahkan mencari ilmu pengetahuan saja dilarang oleh agama, tidak ada kebebasan yang ada hanyalah perintah - perintah agama yang mengakibatkan menurunnya taraf kualitas hidup masyarakat. Kemudian timbulah pengkritik, salah satunya adalah Martin Luther.  Sehingga pada puncaknya timbul sebuah reformasi gereja (1517) yang menyulut kebebasan dari para individu yang tadinya terkekang. 





Adam Smith

Tokoh Liberalisme, Adam Smith
Adam Smith
Adam Smith dikenal luas dengan teori ekonomi '"laissez-faire" yang mengumumkan perkumpulan di abad 18 Eropa. Smith percaya akan hak untuk memengaruhi kemajuan ekonomi diri sendiri dengan bebas, tanpa dikendalikan oleh perkumpulan dan/atau negara. Teori ini sampai pada proto-industrialisasi di Eropa, dan mengubah mayoritas kawasan Eropa menjadi daerah perdagangan bebas, membuat kemungkinan akan adanya pengusaha. Dia juga dikenal sebagai "Bapak Ekonomi" versi barat.

sumber: Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...