Saturday, August 3, 2013

Sejarah Kamera Polaroid

Polaroid komunal
Perusahaan kamera instan Polaroid didirikan oleh Dr. Edwin Land pada tahun 1937. Kamera ini mencapai ketenarannya pada tahun 1948, dan melanjutkan ketenarannya sampai sekarang meskipun banyak masalah

yang menghadang perusahaan ini. Kamera ini kadang juga dikenal sebagai land kamera, yang namanya diambil dari nama sang penemu yaitu Dr. Edwin Land. Kamera  Instan ini memiliki tiga kategori penting untuk bisa menjalankannya yaitu rollfilm, packfilm, dan integralfilm, karena ketiga kategori ini adalah sebuah lembar foto yang dimasukan ke dalam kamera polaroid dan akan di cetak oleh si kamera polaroid. Dan tiga kategori utama ini juga lah yang membedakan setiap tipe kamera polaroid, iya kita bisa melihat perbedaan kamera ini dari bahan dasar pembuatan fotonya contohnya rollfilm yang hanya digunakan oleh kamera polaroid keluaran awal sampai tahun 1963.

Perusahaan ini pernah mengalami masalah hak paten tentang siapa penemu pertama kamera instan ini dengan perusahaan Kodak, sedikit demi sedikit masalah pun terselesaikan dan masalah ini dimenangkan oleh Polaroid, kodak pun akhirnya berhenti membuat kamera instan ini pada tahun1986.
Di sekitar tahun 2007 - 2009 Perusahaan Polaroid mendapatkan banyak masalah dan berujung pada bankrutnya perusahaan ini. Dan pada tahun 2010 perusahaan ini bekerjasama dengan lady gaga yang menjabat sebagai kreative director dan akhirnya perusahaan ini melanjutkan bisnisnya.

Dan sampai sekarang ke eksisan kamera ini masih ada di sekitar kita, meskipun banyak brand kamera instan yang bermunculan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...