Friday, August 2, 2013

Santapan Merayap !




Belalang komunalFAO (Food and Agriculture) PBB menyusun kebijakan untuk mempromosikan serangga sebagai makanan dunia karena memiliki nutrisi yang tinggi. Misalnya, kandungan protein seporsi belalang
Nah apakah anda tertarik untuk mencobanya?

kecil sama dengan daging giling. Budi dayanya pun memerlukan lebih sedikit biaya dan lahan. Setidaknya ada 1.000 jenis serangga yang sudah dikonsumsi manusia. Dan seiring pertumbuhan penduduk dunia, FAO menganggap perternakan serangga adalah langkah menuju keamanan pangan.


Memang banyak orang yang mengatakan bahwa belalang memiliki protein yang banyak, seperti yang diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral.

Sudah banyak penelitian ilimiah yang membuktikan manfaat belalang. Di negara lain bahkan ada yang menjadikannya sebagai makanan pokok. Di Indonesia pun, di zaman kita belalang pernah menjadi makanan utama. Tetapi kini sudah banyak ditinggalkan karena ada beragan sumber protein lainnya,"  papar pakar dari Department of Community Nutrition, Facultas Ekologi dan Manusia IPB itu

Masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan nutrisi belalang untuk membantu memenuhi kecukupan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan.  Selain kadar proteinnya tinggi, dalam belalang terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Sedangkan kandungan vitaminnya beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.

Masalahnya adalah masyarakat tidak mau memakan belalang karena terlihat menyeramkan, tapi masalah ini dapat dihindari bisa dengan cara mendadandani makanan berbahan belalang ini agar tidak mirip seperti belalang jadi masyarakat tidak akan merasa seram untuk memakannya.

Nah apakah anda tertarik mencoba belalang?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...